MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR TEMA 6 SUBTEMA 2 : PERUBAHAN ENERGI MELALUI METODE HERBART DI KELAS III.A SEKOLAH DASAR

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini menjelaskan peningkatan motivasi belajar siswa dalam memahami tema 6 subtema 2 : Perubahan Energi  di Kelas III.A  SD Negeri 084086  Sibolga  Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian Tndakan Kelas ini  dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilaksanakan  tiga  kali  pertemuan (tiga hari).  Setiap Siklus terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, obsevasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan   adalah lembar observasi motivasi siswa dan aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran berlangsung serta hasil belajar  melalui uji kompetensi setiap akhir siklus. Hasil pengamatan penulis sebelum  penelitian dilaksanakan (kondisi  awal) motivasi belajar siswa  sebesar : 40.00%, nilai rata-rata 62.14  dimana nilai siswa yang mencapai nilai tuntas sebanyak 11  orang siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 17  siswa dari 28  siswa. Hasil uji kompetensi I (Siklus I) diperoleh rata-rata 69,89  dimana siswa yang mencapai nilai tuntas sebanyak 17 orang  siswa dan tidak tuntas 11 orang. Motivasi siswa dalam pembelajaran mencapai 57,50%. Pada Siklus II memperoleh nilai  rata-rata  80.00 dimana siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa dan tidak tuntas sebanyak 2 orang siswa dengan tingkat Motivasi belajar siswa : 82.50%. Dari hasil pengamatan penulis menyimpulkan bahwa penerapan metode Herbart di kelas III.A SD Negeri 084086 Sibolga T.P. 2020/2021 dapat meningkatkan motivasi belajarKata Kunci : Motivasi Belajar, Metode Herbart