UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE SPEED READING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 064969 KELURAHAN SIDOREJO HILIR, KECAMATAN MEDAN TEMBUNG

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Pantun sebelum menggunakan metode Speed Reading (2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Speed Reading pada mata pelajaran Bahasa Indoensia materi Pantun (3) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah menerapkan metode Speed Reading pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Pantun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN 064969 Sidorejo Hilir, Kecamatan Medan Tembung sebanyak 21 siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa sebelum menggunakan metode Speed Reading dengan persentase 40%, kemudian setelah menggunakan metode Speed Reading yaitu pada siklus I siswa yang tuntas berjumlah 14 orang atau dengan persentase 63,85%. Selanjutnya pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah 18 orang atau dengan persentase 71,19%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi Pantun pada mata pelajaran Bahasa Indonesia telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal.