ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINEAR BERDASARKAN NEWMAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika pada materi program linear. Penelitian ini termasuk penelitian dengan pendekatan kualitatif. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 30 peserta didik yang berasal dari peserta didik kelas XI SMA Santa Maria Pekanbaru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes yang terdiri dari 3 soal uraian yang telah valid. Kesalahan akan dijustifikasi berdasarkan Newman’s Errors Categories. Hasil penelitian bahwa jenis kesalahan terbanyak yang dilakukan peserta didik adalah kesalahan dalam transformasi dengan persentase sebesar 55,71 % dan kesalahan paling sedikit yang dilakukan peserta didik adalah kesalahan dalam membaca sebesar 3,57%. Dapat disimpulkan bahwa peserta didik telah mampu membaca soal dengan benar tetapi kurang mampu dalam mentrasformasikan hal yang diketahui dan ditanya pada soal untuk menentukan hasil penyelesaian dari soal yang ditanyakan.  AbstractThis study aims to describe the types of error that students make in solving mathematics problems on liniear program problems. This study follows a qualitative research approach. The sample of this study consisted of 30 students from the eleventh grade of Santa Maria High School in Pekanbaru. The instrument was a test consisting of 3 valid descriptive questions. Errors are analyzed based on Newman's Error categories. The results indicate that the most common type of error made by students is an error in transformation with a percentage of 55.71%, and the least common error made by students is an error in reading at 3.57%. It can be concluded that students are able to read the problem correctly, but are less capable in transforming what is known and asked in the problem to determine the solution of the problem asked.