ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PROGRAM LINIER

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi program linear. Pemilihan subjek penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dengan populasi penelitian berjumlah 60 orang siswa kelas XI MAN 1 Aceh Tengah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan awal, tes kemampuan pemahaman konsep, dan lembar wawancara. Hasil data dipaparkan dan dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa hasil analisis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis yaitu: (1) siswa berkemampuan tinggi dapat memenuhi 4 dari 5 indikator sehingga berada pada persentase 87% dengan kategori sangat baik, (2) subjek dengan kemampuan pemahaman konsep matematis sedang memenuhi ke 5 indikator pemahaman konsep berada pada persentase 87% dengan kategori sangat baik, dan (3) subjek berkemampuan rendah hanya memenuhi 2 indikator dari 5 indikator pemahaman konsep berada pada persentase 53% dengan kategori cukup. Hasil analisis tes kemampuan pemahaman konsep matematika menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi memenuhi lima indikator, yaitu: (1) pengulangan konsep, (2) penyajian contoh dan non contoh, (3) mengklasifikasikan objek, (4) penyajian konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, dan (5) penerapan konsep dalam pemecahan masalah. AbstractThis qualitative research aims to describe students’ ability to comprehend mathematical concepts in linear programming material. The research subjects were selected using a purposive sampling method, with a research population of 60 students from class XI MAN 1 Central Aceh. Data collection techniques included initial ability tests, concept understanding ability tests, and interview sheets. The data results were presented and analyzed qualitatively. Based on the analysis that has been carried out, it is concluded that the ability to comprehend mathematical concepts is as follows: (1) students with high abilities can fulfill 4 of the 5 indicators, placing them at a percentage of 87% in the very good category, (2) subjects with moderate ability to comprehend mathematical concepts fulfill all 5 indicators of conceptual understanding, placing them at a percentage of 87% in the very good category, and (3) low ability subjects only fulfill 2 indicators of the 5 indicators of conceptual understanding, placing them at a percentage of 53% in the sufficient category. The results of the analysis of tests on the ability to comprehend mathematical concepts show that students with high mathematical abilities meet five indicators, namely: (1) repetition of concepts, (2) presentation of examples and non-examples, (3) classification of objects, (4) presentation of concepts in various forms of mathematical representation, and (5) application of concepts in problem solving.