ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII 3 MTS AL-JAM’IYATUL WASLIYAH TEMBUNG

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa MTs Al-Washliyah Tembung di kelas VIII 3 dalam menyelesaikan masalah dari materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini 6 subjek diambil sebagai subjek wawancara yang mewakili 3 kelompok, yaitu kelompok atas, kelompok menengah, dan kelompok bawah ditentukan berdasarkan hasil tes. Kriteria untuk subjek wawancara adalah subjek yang dapat mewakili jawaban masing-masing kelompok dan dapat berkomunikasi dengan baik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengujian, dokumentasi, dan wawancara dengan siswa. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa ada siswa yang kurang mampu untuk membuat representasi visual sesuai dengan informasi dalam pertanyaan, tidak memiliki pemahaman dalam menjawab pertanyaan tentang kemampuan representasi ekspresi, dan masih mengalami kesulitan menulis representasi verbal dan menjelaskannya. Kata Kunci:Kemampuan Representasi Matematis Abstract:This study aims to determine the mathematical representation ability of students of MTs Al-Washliyah Tembung in class VIII 3 in solving material problems of the Two Variable Linear Equation System (SPLDV). This research is a qualitative research. In this study 6 subjects were taken as interview subjects who were representatives of 3 groups, namely the upper group, middle group, and lower group determined based on test results. Criteria for interview subjects are subjects that can represent the answers of each group and can communicate well. Data collection is done by the method of testing, documentation, and interviews with students. Based on the results of the study, it was found that there were students who were less able to make visual representations in accordance with the information in the questions, lacked understanding in answering questions about the ability of expression representation. Also still having difficulty writing verbal representations and explaining them. Keywords:Mathematical Representation Ability