SIGNIFIKANSI HASIL BELAJAR MAHASISWA VOKASI TERHADAP MATA KULIAH MATEMATIKA TEKNIK DENGAN PEMBELAJARAN DARING DAN LURING

Abstract

Masa pandemi Covid-19 memberikan dampak terhadap pendidikan, namun segera diberikan solusi yaitu diberlakukannya pembelajaran daring (dalam jaringan), yang pada awalnya sangat menarik bagi mahasiswa, namun dengan adanya berbagai kendala yang dihadapi membuat masyarakat memiliki dua pandangan yang berbeda yaitu ada yang setuju terhadap metode pembelajaran daring dan ada juga yang menginginkan pembelajaran luring (luar jaringan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar mahasiswa vokasi khususnya mahasiswa politeknik jenjang diploma tiga dengan kedua teknik pembelajaran tersebut dan apakah terjadi perbedaan antara keduanya. Jika terjadi perbedaan, akan dilihat mana yang lebih tinggi hasil belajarnya sehingga dapat dijadikan referensi bagi pemangku jabatan dalam menjawab sistem pendidikan online dapat digunakan atau tidak pada pendidikan vokasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimen yang terdiri dari 2 kelompok dengan jumlah mahasiswa setiap kelompok sebanyak 39 orang yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian kemudian dianalisis lebih lanjut dengan uji normalitas dan homogenitas. Kemudian dilakukan uji-t untuk melihat perbedaan keduanya secara signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dengan teknik pembelajaran luring lebih tinggi daripada hasil metode pembelajaran daring, dengan nilai thitung (0,237) > ttabel (0,223). Hal ini dapat disimpulkan bahwa secara statistik terdapat perbedaan antara teknik pembelajaran luring dan daring pada mata kuliah matematika teknik di pendidikan vokasi. AbstractThe Covid-19 pandemic had an impact on education, but a solution was immediately given, namely the implementation of online learning (distance learning), which was initially very attractive to students, but with the various obstacles, the community had two different views, namely, those who prefer online learning methods and those who prefer offline learning (face-to-face classroom). The purpose of this study was to find out the learning outcomes of vocational students, especially polytechnic students in the D3 level (a level three diploma), learning through online and offline classes and whether there are differences between the two ways of learning. If there is a difference, it will be seen which has better learning outcomes so that it can be used as a reference for stakeholders in deciding whether the online education system can be used or not in vocational education. This study follows a quasi-experimental method consisting of 2 groups with a total of 39 students in each group taken using a cluster random sampling technique. The research data were then analyzed further with normality and homogeneity tests. Then a t-test was carried out to see a significant difference between the two. The results of the study show that learning outcomes with offline learning techniques are better than those of online learning methods, with t-count (0.237) > t-table (0.223). It can be concluded that statistically there are differences between offline and online learning techniques in engineering mathematics courses in vocational education.