PERBEDAAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED
Abstract
Abstrak:Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat adakah perbedaan minat belajar matematika siswa dengan menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan model pembelajaran Open Ended. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 9 kelas dan sampel diambil 2 kelas sampling purvosive yaitu kelas VIII-1 dan kelas VIII-5. Desain penelitian yang digunakan adalah Two Group Randomized Posttest-Only Control Design. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket (kuisioner) minat belajar matematika siswa. Data-data diperoleh dari hasil angket minat belajar matematika siswa yang diberikan kepada siswa. Dari hasil analisa data, pada kelas eksperimen diperoleh nilai hasil pengujian hipotesis (ANOVA) diperoleh dengan hasil signifikan 0,00 ≤ 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dalam hal ini berarti bahwa ada perbedaan minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran matematika realistik dan model pembelajaran Open Ended. Kata Kunci:Pembelajaran Matematika Realistik,Open Ended, Minat Belajar Abstract:The objectives of this study are to see whether there are differences in students' interest in learning mathematics by using realistic mathematics learning models (PMR) and Open Ended learning models. The population in this study were students of class VIII totaling 9 classes and samples were taken 2 purvosive sampling classes namely class VIII-1 and class VIII-5. The research design used was Two Group Randomized Posttest-Only Control Design. The research instrument used questionnaire sheets students' interest in learning mathematics. The data were obtained from the results of the students' mathematics learning interest questionnaire given to students. From the results of data analysis, the experimental class obtained the results of hypothesis testing (ANOVA) obtained with a significant result of 0.00 ≤ 0.05, H0 is rejected and Ha is accepted. In this case it means that there are differences in student learning interest by using realistic mathematical learning models and Open Ended learning models. Keywords:Realistic Mathematics Learning, Open Ended, Interest In Learning