PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah terdapat peningkatan kemampuan komunikasi siswa setelah dilakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS). Metode penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Pupulasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs Al-Washliyah Sumber Mulyo sebanyak 48 siswa yang terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian ini adalah adalah dua kelas yaitu kelas VIII-A yang berjumlah 24 orang dan kelas VIII-B yang berjumlah 24 orang, dimana kelas eksperimen adalah kelas VIII-A dan kelas kontrol adalah kelas VIII-B. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa hasil analisis perhitungan uji-t yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan komunikasi siswa diperoleh nilai signifikan sebesar 0,004 < 0,05, berdasarkan kriteria pengujian maka H0 ditolak dan H1 diterima (terdapat peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS)). Dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) secara signifikan lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. AbstractThis study aims to identify an increase in students' communication skills after learning through Think Pair Share (TPS) model. This research follows a quasi-experimental method. The population in this study were the 8th grade students of MTs Al-Washliyah Sumber Mulyo, consisting of 48 students from two classes. The sample of this study consists of two classes, namely class VIII-A with a total of 24 people and class VIII-B with a total of 24 people, where the experimental class was class VIII-A and the control class was class VIII-B. It was found that the results of the analysis of the t-test calculations to determine students' communication skills obtained a significant value of 0.004 <0.05, based on the testing criteria, H0 was rejected and H1 was accepted (there was an increase in students' communication skills taught through Think Pair Share (TPS)). It can be concluded that the improvement in students' communication skills taught through Think Pair Share (TPS) learning model is significantly higher than students' communication skills taught through conventional learning models.