Implementasi Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Pendidikan Menengah

Abstract

Merdeka Belajar adalah Program Kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Repiblik Indonesia, Esensi dari merdeka belajar adalah keleluasaan dalam penyelenggaraan pembelajaran di sekolah. Sedangkan Pendidikan Agama Islam sebagai rangkaian mata pelajaran yang disampaikan baik secara formal di sekolah maupun informal dan nonformal di rumah ataupun di lingkungan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi Merdeka Belajar dalam Pembelajaran PAI pada Pendidikan Menengah Studi di Kelas x SMK Bhakti Wijaya Kusuma Selaawi Garut. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif lapangan, yakni metode yang bertujuan mendeskripsikan, menggambarkan, dan menguraikan secara komprehensif dan utuh terkait implementasi Merdeka Belajar dalam Pembelajaran PAI pada Pendidikan Menengah Studi di kelas X SMK Bhakti Wijaya Kusuma Selaawi Garut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Merdeka Belajar dalam Pembelajaran PAI pada Pendidikan Menengah Studi di kelas X SMK Bhakti Wijaya Kusuma Selaawi Garut mengalami peningkatan, hal tersebut dapat dibuktikan dengan terpenuhinya beberapa indikator yang menunjukkan peningkatan daya belajar siswa. Merdeka Belajar juga menjadi jawaban atas masalah yang dihadapi oleh guru dalam praktiknya, seperti dikurangi beban nya dalam profesinya melalui keleluasaan yang merdeka dalam menilai belajar siswa dengan berbagai jenis dan bentuk instrumen penilaian, merdeka dari berbagai pembuatan administrasi yang memberatkan. Kata Kunci: Implementasi Merdeka Belajar; Pembelajaran PAI; Pendidikan Menengah