Efektivitas Pembelajaran Ilmu Tajwid Peserta Didik Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Abstract

Efektivitas pembelajaran ilmu tajwid pada peserta didik merupakan proses kegiatan pembelajaran yang membahas mengenai hukum-hukum dan kidah-kaidah ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an yang benar. Adapun permasalahan terhadap peserta didik dalam membaca Al-Qur’an yang masih kurang sesuai dengan ilmu tajwid yang ada. Di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Cigedug Garut khususnya kelas VII, dalam beberapa tahun terakhir telah melaksanakan pembelajaran ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an yang benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan yang tertera pada rumusan masalah, sehingga dapat diperoleh ; Terdeskripsikannya efektivitas pembelajaran ilmu tajwid pada peserta didik di kelas VII MTs Miftahul Ulum Cigedug Garut, Terdeskripsikannya kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di kelas VII MTs Miftahul Ulum Cigedug Garut, Terdeskripsikannya efektivitas pembelajaran ilmu tawjid pada peserta didik terhadap kemampuan membaca Al- Qur’an di kelas VII MTs Mifthaul Ulum Cigedug Garut. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran ilmu tajwid pada peserta didik terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an di kelas VII MTs MiftahulUlum Cigedug Garut memberikan hasil belajar yang baik, efektif dan efisien, khsusunya kegiatan proses belajar mengajar di kelas VII MTs Miftahul Ulum Cigedug Garut. Hal ini dapat dibuktikan dengan kemajuan yang meningkat pada siswa terhadap membaca Al-Qur’an yang sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid. Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran, Kemampuan Membaca.