Pengaruh Metode Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI
Abstract
Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Belajar itu sendiri merupakan suatu proses dari seseorang yang berusaha untuk memperoleh suatu bentuk perubahan perilaku yang relatif menetap. Dalam kegiatan pembelajaran atau kegiatan intruksional, biasanya guru menetapkan tujuan belajar. Menurut Bloom dalam Agus Suprijono, hasil belajar mencakup kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Index Card Match merupakan strategi pembelajaran yang menuntut siswa untuk bekerja sama dan dapat meningkatkan rasa tanggung jawab siswa atas apa yang dipelajari dengan cara yang menyenangkan. Kegiatan belajar bersama ini dapat membantu memacu belajar aktif dan kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasama kelompok kecil yang memungkinkan untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi. Metode Penelitian yang digunakan ialah eksperimen dengan jenis kuasi eksperimen, sampel dalam penelitian ini yakni 16 siswa kelompok eksperimen dan 16 siswa kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Index Card Match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam pada materi mengenal kitab-kitab Allah hal ini berdasarkan hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa nilai Sig. 0.000 < 0.05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara metode Index Card Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas V