Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Agama Islam Melalui Media Animasi Berbantuan Aplikasi Canva
Abstract
Penelitian ini membahas tentang peningkatan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran agama Islam melalui media animasi berbantuan aplikasi Canva. Aktivitas belajar merupakan kegiatan yang menuntut peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Namun, kenyataanya aktivitas belajar peserta didik saat ini masih tergolong rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil observasi yang menunjukkan hanya ada sekitar 35% dari 30 peserta didik bisa dikatakan sudah efektif dalam aktivitas belajar sehingga diperlukan stimulus belajar salah satunya dengan menggunakan media belajar yaitu media animasi yang bisa dibuat melalui aplikasi Canva. Canva merupakan satu di antara banyaknya aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam mendesain media pelajaran termasuk media animasi, di dalamnya tersedia banyak sekali template yang dapat digunakan dengan mudah. Tujuan penelitian ini adalah terdeskripsikannya signifikasi penggunaan media animasi berbantuan aplikasi Canva untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran agama Islam. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau sering disebut dengan CAR (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisa statistik, dalam PTK hanya mengggunakan rumus-rumus statistik sederhana untuk mencari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus maka terjadi peningkatan kegiatan aktivitas belajar pada siklus I menjadi 57%, kemudian mengalami peningkatan lagi pada siklus II menjadi 86%. Dengan demikian, dapat dipahami bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan signifikasi sebesar 22% dari pra siklus ke siklus I dan sebesar 29% dari siklus I ke siklus II. Maka, secara keseluruhan terdapat peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan signifikasi sebesar 51% dari pra siklus hingga siklus II. Kata Kunci: Aktivitas Belajar; Media Animasi; Pembelajaran Agama Islam