Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Materi PAI Dan Budi Pekerti Fase E Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang nilai-nilai moderasi beragama dalam materi PAI dan budi pekerti fase E kurikulum merdeka yang menekankan pada peningkatan proyek penguatan profil pelajar pancasila dan moderasi beragama serta menanamkan nilai moderasi beragama yang dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui materi ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ruang lingkup materi PAI dan budi pekerti fase E kurikulum merdeka,  nilai-nilai moderasi beragama dalam materi PAI dan budi pekerti fase E kurikulum merdeka, dan relevansinya nilai-nilai moderasi beragama dengan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan, yaitu dengan membaca dan menganalisis sumber-sumber pustaka. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk deskripsi kualitatif, yaitu dengan cara menggambarkan data yang diperoleh secara mendalam dan menyeluruh dari sumber data dan referensi. Teknik analisis isi digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari sumber-sumber data. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan. Pertama, bahwa ruang lingkup buku ajar PAI dan Budi Pekerti fase E kurikulum merdeka ini memuat sepuluh bab. Adapun pada setiap bab dalam buku teks ini berisi 11 rublik (Sub materi atau bagian dari teks yang dicetak agar mencolok). Kedua, buku ajar ini mengandung muatan nilai-nilai moderasi beragama. Nilai-nilai moderasi beragama yang dimaksud yaitu, At-Tawassuth (tengah-tengah), I`tidal (tegak lurus), Tasamuh (toleransi), Asy-Syura (musyawarah), Al-Ishlah (perbaikan), Al-Qudwah (Keteladanan), Al- Muwathanah (cinta tanah air), Al-La`unf (anti kekerasan), dan I`tiraf Al-`Urf (ramah budaya). Penyajian nilai-nilai moderasi dalam buku ajar tersebut melalui materi, pesan tersurat maupun tersirat melalui materi maupun gambar ilustrasi. Ketiga, Nilai-nilai moderasi beragama merupakan nilai- nilai yang penting untuk ditanamkan kepada peserta didik. Nilai-nilai ini dapat membantu peserta didik untuk memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran agamanya dengan benar sesuai dengan konsep moderasi beragama. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang relevan dengan nilai-nilai moderasi beragama, yang berfokus pada proyek penguatan profil pelajar pancasila, yang salah satu dimensinya adalah beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Nilai-nilai moderasi beragama dapat diajarkan kepada peserta didik melalui pembelajaran berdiferensiasi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan setiap peserta didik. Kata Kunci: Nilai-Nilai Moderasi Beragama, Materi PAI dan Budi Pekerti, Kurikulum Merdeka.