Efektivitas Pembelajaran Imla' Di Kelas 2 TMI (Tarbiyatul Mu’allimin Al - Islamiyyah ) Pondok Pesantren Darussalam Kersamanah Garut

Abstract

Efektivitas pembelajaran imla’ di kelas 2 TMI (Tarbiyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah) Pondok Pesantren Darussalam Kersamanah Garut. Latar belakang penelitian ini mengemukakan pentingnya pembelajaran imla’ dalam meningkatkan kemampuan menulis Bahasa Arab, terutama dalam konteks pengajaran Al-Qur'an di pondok pesantren. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional memberikan landasan bagi penyelenggaraan pendidikan agama, termasuk imla’. Pendidik profesional di pondok pesantren diharapkan dapat mengintegrasikan teori dan praktik pendidikan, menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung perkembangan holistik, dan memiliki keterampilan interpersonal yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan yang tertera pada rumusan masalah, sehingga dapat diperoleh : 1) mengungkapkan indikator efektivitas pembelajaran imla’di kelas 2 TMI (Tarbiyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah). 2)  mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran imla’, 3) menilai efektivitas pembelajaran imla’ di Pondok Pesantren Darussalam Kersamanah Garut.  Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Penelitian dilakukan di Pondok Pesantren Darussalam Kersamanah Garut, dengan melibatkan peserta didik kelas  2 TMI. Adapun sumber data yang diambil adalah hasil observasi,wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, pendalaman sesuai dengan masalah yang diteliti dan penarikan kesimpulan, sehingga dapat menghasilkan temuan yang akurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator efektivitas pembelajaran imla’ mencakup kemahiran menulis huruf hijaiyah, pemahaman tata bahasa Arab, kemampuan menulis kalimat dan ayat Al-Qur'an, serta kemampuan mengeja kata dengan benar. Pelaksanaan pembelajaran imla’ di Pondok Pesantren Darussalam Kersamanah melibatkan kegiatan awal, inti, dan akhir Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa pembelajaran imla’ di Pondok Pesantren Darussalam Kersamanah Garut efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis Bahasa Arab peserta didik. Kata Kunci : imla; efektivitas pembelajaran; pondok pesantren