PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK PADA MATERI SUMBER ENERGI KELAS III DI SD ISLAM PLUS MIFTAHUL ULUM NGRONGGOT NGANJUK

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan media pembelajaran yang masih belum optimal menjadi salah satu permasalahan mendasar dalam pelaksanaan pembelajaran. Media pembelajaran yang hanya menggunakan buku paket memiliki keterbatasan dalam menguraikan materi serta menimbulkan kesulitan pemahaman bagi siswa dalam mempelajari materi, sedangkan fasilitas sekolah sudah memadai dengan adanya Laptop dan LCD Proyektor. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa media pembelajaran Flipbook melalui aplikasi Canva yang berisi mengenai materi Sumber Energi, Mengukur kelayakan produk, serta hasil uji coba produk untuk siswa kelas III SDI Plus Miftahul Ulum Ngronggot-Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D (foud-D). Instrumen pengumpulan data berupa angket yang diberikan kepada ahli media dan ahli materi untuk melihat kevalidan media yang di kembangkan. Adapun angket respon siswa untuk melihat keefektifan produk yang di kembangkan Media Flipbook memiliki keunggulan yakni, memuat poin-poin materi dalam desain yang menarik, proses pembuatan yang mudah dan tidak membutuhkan biaya banyak, serta desain buku digital yang simpel dan menarik memudahkan siswa dalam memahami materi. Keunggulan tersebut diperkuat berdasarkan hasil tahap validasi oleh ahli materi memperoleh persentase sebesar 92,07%, hasil validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 90,5%, hasil validasi kelayakan produk oleh guru memperoleh persentase sebesar 98%. Berdasarkan data hasil validasi dan uji coba produk, media Flipbook didapatkan kesimpulan bahwa pengembangan produk media Flipbook sesuai dengan analisis kebutuhan dan tingkat kelayakan produk masuk pada kategori sangat layak.