TEKNIK DAN INSTRUMEN ASSESMENT RANAH PSIKOMOTORIK
Abstract
Artikel ini dilatar belakangi oleh pentingnya penilaian dalam ranah keterampilan. Dalam pelaksanaan penilaian hasil belajar psikomotor dapat dilakukan dengan tes perbuatan atau tes unjuk kerja (test kinerja) atas keterampilan yang telah dikuasai peserta didik. Penilaian unjuk kerja merupakan penilaian yang dilakukan dengan mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan sesuatu. Penilaian ini cocok digunakan untuk menilai ketercapaian kompetensi yang menuntut peserta didik melakukan tugas tertentu seperti: praktik sholat, praktik olahraga, bermain peran. Teknik dan instrumen evaluasi hasil belajar psikomotor yaitu skala penilaian, daftar cek, dan Catatan Anekdotal (Catatan Kejadian). Analisis instrumen evaluasi hasil belajar psikomotor dapat juga dijelaskan secara teoriti (analisis kualitatif) maupun secara empiris (analisis kuantitatif).