Analisis Penerapan Penilaian Authentik Kurikulum 2013 dalam Mata Pelajaran Tematik Terpadu Tingkat Sekolah Dasar

Abstract

Penilaian merupakan salah satu kompenen penting dalam pembelajaran yang berfungsi untuk mengukur sejauh mana kemampuan belajar siswa. Selain itu, adanya penilaian juga berfungsi sebagai pijakan untuk melakukan evaluasi dalam rangka mengembangkan kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan penilaian authentik kurikum 2013 di SDN 07 Kaliwining dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan datanya meliputi tiga tahapan, yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu sebagai berikut: 1).Reduksi data (Reduksi Data), penyajian Data (Data Display), menarik Kesimpulan (Verifikasi). Sedangkan untuk menguji keabsahan datanya maka perlu dilakukan uji keabsahan data yaitu dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dengan adanya penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa penerapan penilaian authentik kurikulum 2013 di SDN 07 Kalwining Rambipuji dalam penilaian di dalam aspek penilaian kognitif di SDN Kaliwining 07 Rambipuji, biasanya dilaksanakan dengan berbagai tes, baik itu tes tulis, tes lisan, maupun penugasan. Penilaian kompetensi sikap siswa di SDN Kaliwining 07 Rambipuji, di dalam proses penilaian sikap siswa biasanya pendidik memperoleh dari hasil pengamatan terhadap peserta didik ketika berada di dalam kelas maupun diluar kelas. Penilaian kompetensi keterampilan SDN Kaliwining 07, di dapatkan dari penilaian proyek yang diberikan oleh guru, sedangkan untuk penilaian kompetensi keterampilan menggunakan portofolio di SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember.