Analisis Implementasi Model Konsep Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar: Studi Kepustakaan

Abstract

Pada penerapan model konsep kurikulum merdeka di sekolah dasar masih sangat beragam. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti faktor internal sekolah dan juga faktor eksternal sekolah, serta faktor karakteristik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi model konsep kurikulum di sekolah dasar melalui studi kepustakaan. Metode penelitian ini menggunakan studi kepustakaan dengan menganalisis artikel, jurnal, buku dan juga dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi model konsep kurikulum merdeka dapat menumbuhkan potensi dan kualitas pembelajarannya. Dalam implementasinya memiliki pemahaman terhadap model konsep kurikulum merdeka, tantangan dan peluang implementasi kurikulum merdeka, serta evaluasi efetivitas implementasi kurikulum merdeka. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu hal yang penting untuk dilakukan. Namun, implementasi tersebut perlu memperhatikan berbagai hal agar dapat berjalan dengan dan mencapai tujuannya. Penelitian ini memiliki implikasi yang penting yaitu memberikan pandauan bagi guru dan pengambil kebijakan dalam menerapkan model konsep tersebut. Selain itu, penelitian juga memberikan rekomendasi terkait kebijakan pendidikan, seperti penyediaan sumber daya yang memadai dan pelatihan guru.