ISU-ISU KONTEMPORER: Terkait Ilmu Ke-Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah menghadapi tantangan untuk mempertahankan identitasnya sebagai institusi pendidikan awal yang menanamkan ajaran agama. Problem yang terkait dengan praktik pembelajaran harus diperhatikan secara menyeluruh. Dikarenakan madrasah adalah lembaga pendidikan Islam dengan tujuan penting untuk mendidik generasi muda Islam untuk menjadi penggerak dalam pembangunan masyarakat dan negara ke arah masa depan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan isu kontemporer terkait ilmu ke-Madrasah Ibtidaiyah. Dalam uraian tersebut, memberikan ikhtisar tentang berbagai isu dan topik yang dibicarakan dalam konteks pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah secara global. penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian pustaka. Penelitian ini juga termasuk dalam kategori penelitian kualitatif. Hasil penelitian menggambarkan Dari hasil penelitian, terungkap gambaran mengenai prototipe Madrasah Ibtidaiyah (MI), serta pemahaman mengenai isu-isu yang sedang terjadi dalam konteks pendidikan saat ini di kelas-kelas kontemporer.