Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa SMPN 1 Kronjo -Tangerang Tahun 2021

Abstract

Gadget adalah telepon yang memiliki kemampuan seperti komputer, biasanya memiliki layar yang cukup besar dan system operasinya mampu menjalankan berbagai macam tujuan aplikasi-aplikasi yang umum. Prestasi belajar adalah hasil atau taraf kemampuan yang telah dicapai siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar dalam waktu tertentu, baik berupa perubahan tingkah laku, keterampilan, dan pengetahuan. Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gadget terhadap prestasi belajar di SMP Negeri 1 Kronjo Tahun 2021. Metode penelitian: Penelitian ini bersifat Deskriptif dengan pendekatan Cross sectional. Dengan menggunakan korelasiĀ  pearson product moment. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa-siswi kelas XII, dengan metode pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu sebanyak 32 sampel, dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2021. Hasil Penelitian: Menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara penggunaan gadget dengan prestasi belajar di SMP Negeri 1 Kronjo ditandai dengan nilai p Value = 0.0105 < 0.05. Kesimpulan: Diharapkan bahwa penelitian ini akan digunakan sebagai referensi bagi sekolah terhadap dampak penggunaan gadget, sehingga penelitian ini nantinya dapat digunakan oleh siswa untuk meningkatkan prestasi belajar, dan dapat memberikan informasi tambahan bagi peneliti selanjutnya dengan mengganti atau menambahkan variabel yang ada terkait dengan denganĀ  deskripsi penggunaan gadget, belajar pada remaja