Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien
Abstract
Pendahuluan Proses keperawatan merupakan suatu bentuk perencanaan dan pelaksanaan pekerjaan keperawatan yang langkah-langkahnya disusun secara sistematis dan rasional untuk mengatasi masalah kesehatan pasien. Komunikasi keperawatan merupakan landasan seorang perawat dan kunci untuk memenuhi tugasnya. Komunikasi adalah proses membangun hubungan antara perawat dan klien, serta dengan petugas kesehatan lainnya. Komunikasi terapeutik merupakan bagian penting dari pekerjaan keperawatan, komunikasi antara perawat dan pasien merupakan hubungan terapeutik yang tujuannya adalah perbaikan kondisi pasien. Komunikasi terapeutik yang baik terdiri dari empat fase yang mempengaruhi kepuasan pasien: pra interaksi, orientasi kerja, dan akhir, dimana kepuasan pasien merupakan ukuran kualitas pelayanan pengobatan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi terapeutik perawat terhadap kepuasan pasien. Metode penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau sastra dengan sumber dari 10 majalah sekolah Google. Hasil literature review menurut 10 jurnal yang kami baca adalah pasien merasa puas tergantung bagaimana perawat berkomunikasi dan mempengaruhi kesembuhan pasien. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien