Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pengembangan Kepribadian Siswa di MTs Negeri 1 Tanjung Jabung Timur

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Pengembangan Kepribadian Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tanjung Jabung Timur, dengan tujuan: Mengetahui bagaimana kepribadian siswa, Bagaimana Implementasi pembelajaran Akidah Akhlak dalam pengembangan kepribadian siswa, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan kepribadian siswa diĀ  Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah kepala sekolah, waka kurikiulum, guru yang bersangkutan dan 30 orang siswa di kelas VIII A dan B. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada beberapa langkah yaitu tahap reduksi, tahap penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Akidah Akhlak dalam Pengembangan kepribadian siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tanjung Jabung Timur telah berjalan , namun belum begitu efektif dalam pelaksanannya, Namun daripada itu, tujuan guru membuat peraturan dan kebijakan semata-mata untuk membangun pribadi siswa yang juga untuk kedisiplinan dan membentuk pribadi siswa yang bertanggung jawab untuk dirinya dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, sekolah yang telah menerima dan dianggap mampu melaksanakan tanggung jawabnya yang dipercaya masyarakat harus melakukan penanaman, pembibitan dan penciptaan suatu cita-cita atau harapan rakyat.