Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Mahasiswa Calon Guru Melalui Strategi Pembelajaran Langsung

Abstract

Kemampuan menulis cerita dengan baik dapat memberikan banyak keuntungan bagi mahasiswa calon guru dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk membahas pentingnya kemampuan menulis cerita dalam mengembangkan ide-ide kreatif dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk memberikan gambaran tentang kemampuan menulis cerita mahasiswa PGMI semester IV. Sampel penelitian adalah 24 mahasiswa PGMI semester IV dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan observasi untuk mengevaluasi karya tulis mahasiswa. Hasil penelitian ini berdasarkan pengumpulan data dari cerita yang ditulis oleh mahasiswa, skor rata-rata untuk kelengkapan cerita adalah 3,83 (sangat baik), untuk ketepatan alur cerita adalah 3,58 (baik), untuk pengembangan karakterisasi tokoh adalah 3,5 (baik), untuk pesan cerita adalah 3,63 (baik), dan untuk penggunaan bahasa yang tepat dan efektif adalah 3,41 (baik). Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa PGMI semester IV memiliki kemampuan menulis cerita yang baik dan mampu memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.