Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Mts Mahdaliyah Kota Jambi
Abstract
Pembelajaran yang efektif ditandai pada tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran fiqh dengan model pembelajaran problem based learning dalam mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas VII – IX di MTs Mahdaliyah Kota Jambi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu, metode kualitatif dengan subjek penelitian siswa dan guru yang berada dilingkungan sekolah. Untuk teknik pengambilan data menggunakan hasil observasi lapangan, dokumentasi, catatan hasil wawancara guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis domain, taksonomi dan komponensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan yang dilakukan guru fiqh pada kelas VIII-IX MTs Mahdaliyah sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat, dengan langkah-langkah model pembelajaran RPP. Pelaksanaan model pembelajaran PBL juga mengikuti langkah-langkah yang telah tertuang pada model tersebut dan guru sebagai fasilitator dengan memberikan fasilitas internet kepada siswa. Proses evaluasi pembelajaran menggunakan semua aspek, seperti aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Kemampuan berpikir kritis pada kelas VII dapat dikatakan dalam kondisi cukup kritis, pada kelas VIII dan IX tergolong pada kategori kritis.