Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Mualaf Suku Anak Dalam di Perumahan Pembinaan Putikayu Desa Bukit Suban Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun

Abstract

Manusia hanya akan menjadi manusia karena pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penanaman nilai-nilai pendidikan Islam terhadap mualaf suku anak dalam di perumahan pembinaan putikayu Desa Bukit Suban Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode purposive sampling dalam pengambilan subjek penelitiannya. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan secara bertahap suku anak dalam yang mulai mengikuti ajaran agama islam telah menunjukkan perubahan mereka bahkan mereka memiliki tingkat religiusitas yang tinggi. Penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dimulai dengan mengajarkan konsep tauhid, praktik ibadah seperti berwudhu, shalat, berpuasa, membaca Al-Qur’an serta memperhatikan kebersihan tubuh dan lingkungannya. metode pengajaran yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan islam antara lain yaitu metode ceramah, metode demonstrasi, metode diskusi, metode keteladanan, dan metode pembiasaan. Kendala yang dihadapi tenaga pengajar yaitu faktor tantangan budaya, faktor sumber daya, serta keterbatasan suku anak dalam memahami pengajaran pendidikan agama islam. Adapun upaya dalam menghadapi kendala tersebut yaitu adanya perhatian dari pemerintah desa bukit suban dengan memberikan bantuan makanan pokok terhadap suku anak dalam di putikayu, adanya fasilitas pendidikan serta sarana dan prasarana untuk menunjang keberlangsungan hidup suku anak dalam, Sudah terbukanya pemikiran suku anak dalam terhadap pendidikan sehingga mereka mau mendorong anak-anak mereka untuk menempuh pendidikan sekolah formal.