Integrasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam RPP PAI Untuk Kelas X SMA: Suatu Tinjauan Pendidikan Agama Islam Yang Holistik
Abstract
Pendidikan Agama Islam (PAI) di tingkat SMA memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan moral siswa. Artikel ini membahas integrasi nilai-nilai moderasi beragama dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) PAI untuk kelas X SMA. Moderasi beragama, sebagai konsep sentral, mencerminkan sikap tengah, toleransi, dan menghormati perbedaan. Penelitian ini bertujuan memberikan panduan kepada guru PAI dalam merancang RPP yang menggabungkan nilai-nilai moderasi beragama. Tujuan penelitian adalah mengetahui nilai- nilai moderasi beragama yang terkandung dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas X SMA dan bagaimana integrasi nilai-nilai moderasi beragama ke dalam RPP PAI. Peneliti menggunakan pendekatan riset kualitatif berjenis analisis isi atau biasa dikenal dengan Qualitative Content Analysis (QCA). Nilai-nilai moderasi beragama yang terdapat dalam buku ajar mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas X SMA berbentuk tekstual dan kontekstual. Nilai-nilai tersebut meliputi tasamuh (toleransi), syura (musyawarah), tawassuth (moderatisme), qudwah (kepeloporan), muwathanah dan (cinta tanah air). Nilai-nilai tersebut tersebar dalam Kompetensi Dasar pada semester gasal dan semester genap.