Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Literasi Siswa di Era Society 5.0 di MTs Negeri 2 Pemalang

Abstract

Guru pendidikan agama islam memiliki peran penting dalam meningkatkan literasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peran guru PAI dalam meningkatkan literasi pada siswa. Melalui penelitian ini, dapat diidentifikasi strategi dan praktik terbaik yang dapat diterapkan oleh guru pendidikan agama islam dalam menghadapi tantangan literasi di era Society 5.0, sehingga mereka dapat memainkan peran yang lebih efektif dalam membekali siswa dengan keterampilan yang diperlukan untuk sukses di masa depan. Penelitian ini adalah sebuah studi lapangan yang mengungkapkan dan menggali informasi tentang peran guru dalam meningkatkan literasi siswa di era society yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan apa adanya yang sesuai dengan kenyataan faktual yang ditemukan dilapangan dan jenis penelitian ini adalah kualitatif. Upaya guru dalam meningkatkan literasi pada siswa (1) guru harus memerankan metode yang bervariasi (2) penanaman nilai-nilai agama di era digital (3) kolaborasi wali kelas dan wali murid (4) dapat menyesuaikan kondisi tanpa meninggalkan karakter akhlakul karimah (5) meminjamkan modul ke siswa di awal semester. Hasil penelitian ini menunjukkan bawa guru pendidikan agama islam memiliki peran penting dalam meningkatkan literasi siswa di era Society 5.0. Peran guru PAI tidak hanya sebagai penyalur pengetahuan, tetapi juga sebagai fasilitator pembelajaran yang membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan penerapan teknologi dalam berbagai konteks.