Analisis Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam

Abstract

Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang perlu dikuasai oleh mahasiswa di abad ke-21. Keterampilan berpikir kritis ini mencakup keterampilan mengidentifikasi masalah, memilih dan mengevaluasi masalah, mengorganisir masalah, serta mencari solusinya secara tepat dan logis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam mata kuliah PAI di Universitas Negeri Medan. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket. Penelitian dilakukan di beberapa jurusan di Universitas Negeri Medan. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam perkuliahan PAI di Universitas Negeri Medan telah berjalan dengan baik. Ini dapat dilihat dari keempat indikator berpikir kritis yang diteliti semuanya berada dalam kategori baik yaitu mencakup pengembangan kemampuan dalam mengidentifikasi dan menganalisis masalah, pengembangan kemampuan dalam mencari solusi untuk memecahkan masalah nyata secara kreatif dan logis, sikap dan keperdulian mahasiswa terhadap masalah sosial yang ada disekitarnya dan pengembangan kemampuan bersikap dan berpikir kritis. Namun demikian pengembangan model pembelajaran PAI yang inovatif yang membangun kemampuan berpikir kritis mahasiswa masih perlu terus dilakukan. Diantara model pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa adalah model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran berbasis proyek.