Penerapan Metode Pembiasaan Sholat Pada Anak Usia Dini
Abstract
Metode pembiasaan sholat memerlukan pembiasaan-pembiasaan agar pendidikan tersebut bisa menjadi jati diri anak yang akhirnya akan membentuk karakter anak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan penerapan metode pembiasaan sholat pada anak usia dini. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, informan kunci dalam penelitian ini adalah guru kelas dan guru pendamping, sedangkan kepala sekolah dan anak didik dijadikan sebagai informan tambahan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di Raudhatul Athfal Al-Ittihad untuk memperkuat pemahaman anak-anak tentang ajaran islam dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, serta membentuk karakter yang baik sesuai dengan ajaran agama. Nilai-nilai agama yang ditanamkan di Raudhatul Athfal Al-Ittihad adalah mencakup nilai keimanan, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Ketiga nilai tersebut terperinci dalam beberapa materi, yaitu Aqidah, Fiqh, Akhlaq, Do’a harian dan penanaman nilai-nilai agama pada anak didik.