Strategi Pengawas dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Kota Sibolga

Abstract

Kekurangmampuan guru dalam menyusun dokumen rencana pembelajaran dan menyajikan pembelajaran merupakan sebahagian permasalahan pendidikan yang menuntut peran pengawas pendidikan. Peran pengawas pendidikan yang dinyatakan dalam bentuk strategi pengawas menjadi hal yang penting diuraikan sebagai langkah-langkah yang ditempuh oleh pengawas untuk meningkatkan profesionalisme guru PAI. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis deskriptif kualitatif yang menggunakan pendekatan managerial. Sumber data menggunakan data primer dan sekunder yang disampling secara purposive sampling. Instrumen pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisa data dilakukan melalui pengukuran kinerja profesional guru pada tiga aspek yaitu kemampuan mengajar, menyusun rencana pembelajaran dan personal social guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawas Pendidikan Agama Islam berhasil meningkatkan profesionalisme guru sebesar 3,57% melalui strategi menetapkan sasaran program kepengawasan, menjaring guru yang akan disupervisi, menetapkan instrument supervisi yang digunakan, melakukan kunjungan kelas secara regular, mencatat temuan supervisi dan menetapkan rencana tindaklanjut perbaikan, membina komunikasi yang efektif dan meningkatkan hubungan interpersonal dengan guru binaan, memberikan motivasi dan apresiasi kepada guru binaan, mengoptimalkan wadah kelompok kerja guru PAI dan membumikan penggunaan aplikasi Smart tendik.