Implementasi Metode Mind Mapping dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) secara Online

Abstract

Abstrack: The purpose of the study was to determine the implementation of the mind mapping method when applied in the Islamic cultural history (SKI) learning to online learning, the challenges, as well as the advantages and disadvantages of this method when applied online in MAN 1 Kota Kediri. This research uses qualitative research with a descriptive approach. Three data collection techniques used in this study were interviews, observation, and documentation. The result of this study describes the implementation of the mind mapping method in online SKI subjects that can be applied, even though there are challenges from implementing this method online. The challenges the reseacrhers faced werestudents’ attempt to cheat, unstable internet access, limited learning time, students' enthusiasm, and the advantages and disadvantages of this method when applied online.This study is limited because it only describes one school in Kediri city, which is MAN 1 Kota Kediri. The results of this study werehelpful as an illustration of the application of the mind mapping method during online learning and a reference for future research. Abstrak: Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui implementasi, tantangan, kelebihan dan kekurangan dari metode mind mapping ketika diterapkan dalam mata pelajaran SKI pada pembelajaran online di MAN 1 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tiga teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menggambarkan implementasi dari metode mind mapping dalam mata pelajaran SKI secara online yang dapat diterapkan meski terdapat tantangan dari pelaksanaannya antara lain: terdapat kecurangan pada peserta didik, akses internet yang kurang stabil, keterbatasan waktu pembelajaran, dan antusias peserta didik. Kelebihannya adalah berisi catatan ringkas, dan melatih kreativitas sedangkan kekurangannya adalah tidak semua peserta didik telaten dalam membuat mind mapping, tidak detail, membutuhkan waktu yang lama untuk guru mengoreksi. Penelitian ini terbatas karena hanya menggambarkan satu sekolah yang ada di kota Kediri, yaitu MAN 1 Kota Kediri. Hasil penelitian ini berguna sebagai gambaran tentang penerapan metode mind mapping pada saat pembelajaran online berlangsung dan rujukan untuk penelitian di masa mendatang.