Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Anak Melalui Kompetensi Sosial Guru PAI DI MIS NU 2 Pontianak

Abstract

Abstract: Religious moderation education is crucial for children from the moment they start elementary school to nurture their ability to apply religious moderation principles in their daily lives. The foundation of religious moderation education for children is embedded through within their family and school settings. This study used a qualitative descriptive research methodology. The data was collected through observation and interview techniques, books and journals relevant to the research topic. The results of this study identified the pivotal role of PAI teachers in instilling religious moderation values in MIS NU 2 Pontianak students. For examples through effective guidance and mentorship in religious moderation practices and incorporating religious moderation activities and discussions into PAI lessons. Abstrak: Pendidikan moderasi beragama sangat penting bagi anak-anak sejak mereka mulai masuk sekolah dasar untuk menumbuhkan kemampuan mereka menerapkan prinsip-prinsip moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari mereka. Landasan pendidikan moderasi beragama bagi anak tertanam melalui lingkungan keluarga dan sekolah. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan wawancara, serta buku dan jurnal yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini mengidentifikasi peran penting guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada siswa di MIS NU 2 Pontianak. Misalnya melalui bimbingan dan pendampingan yang efektif dalam praktik moderasi beragama serta memasukkan kegiatan dan diskusi moderasi beragama ke dalam pembelajaran PAI. Guru sebagai komunikator yang harus mampu berkomunikasi dan menyampaikan pemahaman tentang moderasi beragama kepada peserta didiknya, guru juga berperan sebagai pegawai suatu lembaga yang memberikan contoh kepada peserta didiknya bagaimana bersikap sesuai dengan apa yang dijelaskan dalam moderasi beragama, guru berperan sebagai penguasa dan transmitter yang mengatur para peserta didik dan memberikan ide-ide yang bagus dalam menerapkan sikap moderasi beragama pada peserta didiknya disekolah.