UPAYA SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI SAINS DI SD NEGERI DEMANGAN YOGYAKARTA

Abstract

Literasi sains merupakan hal fundamental untuk dimiliki oleh siswa sebagai bekal dalam menghadapi perkembangan sains dan teknologi yang semakin canggih. Seyogyanya para lembaga pendidik dan tenaga kependidikan dapat menumbuhkan budaya literasi sains kepada siswa sejak usia sekolah dasar. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk memaparkan upaya sekolah dalam menumbuhkan budaya literasi sains di SD Negeri Demangan Yogyakarta.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus.Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara langsung, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, untuk menumbuhkan budaya literasi sains, sekolah melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat menumbuhkan kemampuan literasi sains siswa seperti: membaca, eksperimen, melestarikan lingkungan, sosialisasi dan simulasi tanggap bencana gempa bumi, dan outdoor study. Agar kegiatan literasi sains berjalan lancar sekolah menyediakan fasilitas seperti: pembangunan gazebo, pembuatan pojok baca, bahan bacaan, lahan untuk penghijauan, alat peraga pembelajaran IPA