STRATEGI DAKWAH DAN PENDIDIKAN NABI MUHAMMAD SAW

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji strategi dakwah dan pendidikan Nabi Muhammad SAW dalam kitab Asaaliibu al-Rasul fi al-Dakwah wa al-Tarbiyyah karya Syaikh Yusuf Khathir Hassan al-Shuury. Penelitian kepustakaan (Library research) menjadi pilihan metode dalam pebnyusunan tulisan ini, dengan menggunakan pendekatan literature review, yaitu melakukan kajian kritis mendalam terhadap berbagai literatur strategi dan metode dakwah dan pendidikan Islam. Kitab Asaaliibu al-Rasul fi al-Dakwah wa al-Tarbiyyah karya Syaikh Yusif Khathir Hasin al-Shuury menjadi rujukan primer dalam mengkaji strategi dakwah dan pendidikan Islam. Peneliti menemukan tiga hal penting terkait strategi dakwah dan pendidikan nabi dalam kitab tersebut: Pertama: sifat dan karakteristik nabi sebagai pendidik yang terdiri dari delapan sifat (yaitu: kasih sayang, sabar, cerdas, tawadhu’ berlapang dada, pemaaf, integritas kepribadian, cinta profesi) Kedua, strategi nabi Muhammad SAW dalam berdakwah (seperti pemberian hadiah dan saling mencinta, strategi persuratan, pemberian hadiah dan pujian kepada murid berkompeten), Ketiga, strategi nabi dalam pendidikan (pendidikan langsung/ceramah dan praktek, memotivasi siswa, active learning dengan strategi tanya jawab, menanamkan ikatan jiwa antara pendidik dan siswa, memperhatikan perkembangan fisik dan psikologi siswa, menanamkan ukhuwah)