MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK SISWA KELAS VII/1 DI MTS WIRDULLATIFAH NW BANJAR MANIS

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada materi taubat, taat, istiqamah dan ikhlas menggunakan model direct instruction di kelas VII/1 MTs Wirdullatifah NW Banjar Manis. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui penerapan metode pembelajaran berbasis inkuiri. Dalam pelaksanaannya, penelitian tindakan kelas menggunakan metode pembelajaran berbasis inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang semula pada pra siklus dari 7 siswa hanya ada dua siswa yang tuntas (28,6%) dengan nilai rata-rata 66,85, nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 50. Dari pra siklus tersebut setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus I ada peningkatan menjadi 4 siswa yang tuntas KBM, nilai rata-rata 73,28%, nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 55. Pada perbaikan pembelajaran siklus II keseluruhan 7 siswa tuntas KBM 100%, nilai rata-rata 83,57%, nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 75.