PEMIKIRAN PENDIDIKAN IBNU KHALDUN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SAINS DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang konsep pendidikan sains di Madrasah Ibtidaiyah yang diharapkan pada saat ini, model pendidikan menurut Ibnu Khaldun, tujuan pendidikan menurut Ibnu Khaldun dan relevansinya terhadap pendidikan Sains di Madrasah Ibtida’iyah. Jenis penelitian ini adalah Library Research dengan sumber data primer dari karya Ibnu Khaldun yaitu Kitab Muqqaddimah, dan sumber data skunder adalah diperoleh dari buku, jurnal dan tulisan lain yang berkaitan dengan pendidikan sains di Madrasah Ibtidaiyah dan pemikiran pendidikan Ibnu Khaldun. Teknik pengumpulan data dengan cara mengidentifikasi informasi dari buku, laporan penelitian sebelumnya, jurnal, artikel, web, atau informasi lainnya. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan sains di Madrasah Ibtidaiyah  diarahkan melalui pengalaman langsung, dilakukan penyelidikan ilmiah mengembangkan keterampilan proses dan sikap ilmiah, 2) menurut Ibnu Khaldun pendidikan adalah proses secara sadar menangkap, menyerap dan menghayati peristiwa alam sepanjang zaman. 3) Kesamaan model pendidikan Ibnu Khaldun  dengan pendidikan Sains di Sekolah dasar, yaitu pada metode pengajarannya yang tidak memksa siswa untuk melakukan hafalan dan menuntut siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajarannya, 4) Relevansi antara keduanya dalam konsep, tujuan, posisi pendidik dan peserta didik.