PENGARUH EKSTRAKULIKULER TAHFIZ AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR AL QUR’AN HADIST KELAS III MI NW 01 KEMBANG KERANG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Ekstrakulikuler Tahfiz Al-Qur’an terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadist kelas III MI NW 01 Kembang Kerang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif desain komparatif. Variable bebasnya adalah Ekstrakulikuler Tahfiz Al-Qur’an dan variable terikatnya adalah hasil belajar Al-Qur’an Hadist. Sampel yang digunakan adalah tehnik sampel acak (Simpel Random Sampling) dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A MI NW 01 Kembang Kerang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan tes lisan sebagai sumber data utama serta wawancara sebagai sumber data tambahan, sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah regresi liner sederhana dan product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil menghafal siswa kelas III A MI NW 01 Kembang Kerang memperoleh nilai rata-rata 49,5 sedangkan hasil belajar Al-Qur’an Hadist siswa kelas III A MI NW 01 Kembang Kerang dengan nilai rata-rata 63,9. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi dengan taraf 5% dengan >  atau  0,64 > 0,381 dengan demikian hipotesis diterima. Hal ini bermakana nilai rata-rata hasil belajar Al-Qur’an Hadist kelas III A MI NW 01 Kembang Kerang sebesar 40,96 % ditentukan oleh Ekstrakulikuler Tahfiz Al-Qur’an yang diberikan melalui persamaan regresi Y = 43 + 0,42X. sedangkan sisanya 59,04% ditentukan oleh faktor-faktor lain