BLENDED LEARNING SEBAGI SISTEM PEMBELAJARAN PADA MASA COVID-19 DI MI NW 1 KEMBANG KERANG

Abstract

Suasana mencekam akibat wabah virus Covid-19. Beberpa sekolah terpaksa diliburkan oleh pemerintah dan beberpa juga masuk dengan waktu tatap muka dipersingkat. Sekolah yang melakukan tatapmuka harus dengan ketentuan pemangkasan waktu tatap muka serta menggunakan protocol kesehatan, dan ada juga yang melakukan pembelajaran secara online. Dan MI NW 1 kembang kerang  merupakan sekolah atau madrasah yang menjalankan proses pembelajaran online dan offline atau biasa dikenal dengan system Blendend Learning . Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, yang bermaksud untuk menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan berbagai cara melibatkan berbagai teknik pengumpulan data yang ada. Secara garis besarnya hasil dari penelitian ini menujukkan  pelaksanaan pembelajran  di MI NW 1 kembang kerang  menggunakan sistem Blended learning  walapun belum secara efektif berjalan. Pembelajaran Blended learning  merupakan kebijakan kepala madrasah yang didasari oleh hasil rapat pihak madrasah bersama komite sekolah di lingkungan MI NW 1 kembang kerang. Proses pembelajran dengan sif-sifan atau bergantian. Evaluasi pembelajran Blended learning  diserahkan kepada masing masing guru.