Optimalisasi Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Karakter Religius Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti terhadap peran guru dan orang tua dalam mengembangkan karakter religius peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana mengoptimalkan peran guru dan orang tua dalam meningkatkan karakter religius peserta didik madrasah ibtidaiyah. Penelitian ini dilakukan di MIN 1 Kota Mataram, NTB pada tahun pelajaran 2021/2022. Partisipan terdiri dari guru kelas IVA, kepala madrasah, dua siswa kelas IVA dan tiga orang tua. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis deskripif. Adapun metode pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.qur'an pagi, berdoa, shalat dhuha berjamaah, bersalam kepada guru, serta keteladanan dari guru dan orang tua dengan cara menjalin kerjasama antara keduanya melalui adanya media buku kontrol peserta didik yang kemudian ditandatangani oleh guru dan orang tua, keterlibatan orang tua dalam pembelajaran anak di rumah, dan kolaborasi dengan kelompok masyarakat. Oleh karena itu, untuk meningkatkan karakter peserta didik yang religius sangat pentingnya peran guru dan orang tua dengan membimbing, membimbing, dan memberi teladan secara optimal.