Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Media Gambar Dua Dimensi

Abstract

Keterampilan berbicara adalah kemampuan mengungkapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan pikiran berupa ide, pendapat, keinginan atau perasaan kepada mitra bicara. Media gambar dua dimensi pada dasarnya merupakan media visul yang memiliki ukuran panjang dan lebar. Media dua dimensi merupakan media yang sering dipergunakanan dalam kegiatan proses belajar mengajar karenabentuknya sederhana, harganya ekonomis, bahan mudah diperoleh. Penelitian ini memfokuskan penelitian yaitu 1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kepribadian, karakteristik dan temperamental, dan intelegensi peserta didik melalui gambar dua dimensi pada peserta didik SDI Al Barokah Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam meningkatkan kepribadian siswa-siswi SDI Al Barokah Jember sangat meningkat dan hasil sangat memuaskan. Strategi guru dalam meningkatkan karakteristik dan temperamental siswa melalui gambar dua dimensi pada peserta didik SDI Al Barokah Jember juga sangat bagus. Strategi guru dalam meningkatkan intelegensi siswa melalui gambar dua dimensi pada peserta didik SDI Al Barokah Jember sangat meningkat.