Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Satuan Berat Siswa Kelas II SDN Kalicari 01 Semarang
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar materi satuan berat menggunakan model pembelajaran problem based learning siswa kelas II SD. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kalicari 01 Semarang dengan melibatkan 26 siswa kelas II. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas menggunakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes setiap siklus. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat disetiap siklus. Pada siklus I siswa yang mencapai KKM hanya 69,23 % (18 siswa). Pada siklus II siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 23 siswa dengan persentase 88,46%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pada materi satuan berat benda pada siswa kelas 2 siswa SDN Kalicari 01 Semarang dapat ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning.