Analisis Problem Based Learning Berbantu LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Pada Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 2 Kelas III

Abstract

Metode pembelajaran yang efektif dan inovatif menjadi sangat penting untuk memastikan bahwa siswa dapat memperoleh pemahaman yang mendalam dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN Kalicari 01 Semarang yang berjumlah 27 siswa terdiri dari 16 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah triangulasi. Bahan ajar LKPD ini akan berjalan dengan bantuan model Problem Based Learning. Dengan adanya model  Problem Based Learning ini pembelajaran dapat berjalan dengan efektif, model ini menutut siswa untuk aktif dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti dapat disimpulkan sebagai berikut: Pemanfaatan LKPD berbasis model Problem Based Learning sebagai bahan ajar berpengaruh positif dalam meningkatkan keaktifan siswa. LKPD berbasis model PBL layak digunakan sebagai bahan bajar di sekolah, karena penggunaan LKPD berbasis PBL dalam proses pembelajaran dapat membantu siswa memahami materi sehingga keberhasilan proses belajar mengajar tercapai.