CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SDN 02 PERCONTOHAN

Abstract

Penelitian ini membahas tentang efektivitas penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 02 Percontohan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, yang bertujuan untuk memahami realitas peristiwa dan berbagai kegiatan yang terjadi dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual di sekolah tersebut. Sumber data penelitian ini adalah siswa SDN 02 Percontohan dan guru PAI, dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif, dimulai dengan pengkodean, transkripsi, dan reduksi. Hasil analisis data mengungkapkan bahwa penerapan pembelajaran PAI dengan pendekatan kontekstual di SDN 02 Percontohan sesuai dengan komponen utama pendekatan kontekstual, seperti konstruktivisme, penemuan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian yang autentik. Selain itu, pembelajaran PAI dengan pendekatan kontekstual juga efektif dalam mendukung prestasi akademik siswa dan pemahaman mereka terhadap aplikasi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran ini menjadi bermakna, ceria, dan menyenangkan (joyful learning) bagi siswa.