DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendapatkan informasi terkait dengan dampak yang ditimbulkan adanya pandemi covid-19 terhadap pelaksanaan pembelajaran anak usia dini serta bentuk sinergi yang dilakukan guru dalam memberikan pendidikan terhadap anak dimasa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Mulles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: terdapat beberapa dampak pandemi covid-19 yang paling dominan terlihat di Paud Raudatussibyan Al-Mannan Dusun Bagik Manis terhadap pelaksanaan pembelajaran anak usia dini diantaranya ialah dampak terhadap kegiatan pembelajaran di sekolah, dampak terhadap kegiatan pembelajaran di rumah, dan dampak terhadap perubahan sikap dan perilaku  anak. Sedangkan bentuk sinergi yang dilakukan oleh guru dan orang tua di Paud Raudatussibyan Al-Mannan Dusun Bagik Manis dalam memberikan pendidikan selama masa pandemi covid-19 ialah sinergi dalam proses belajar anak,  sinergi dalam proses evaluasi pembelajaran.