KONSTESTASI PENDIDIKAN ISLAM DI LOMBOK: NAHDLATUL WATHAN VIS A VIS SALAFI-WAHHABI
Abstract
Abstrak Artikel ini akan membahas tentang kontestasi Pendidikan Islam di Lombok pasca reformasi 1998. Yaitu kontestasi madrasah dan sekolah yang dikelola oleh organisasi Islam Nahdlatul Wathan (NW) dan komunitas Salafi-Wahhabi di Lombok Timur. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif berupa penelitian kepustakaan, artikel ini memfokuskan pembahasan pada beberapa hal: pertama, silsilah Madrasah Nahdlatul Wathan dan Salafi. Kedua, Madrasah sebagai basis konstruksi ideologi aswaja dan Salafi-Wahhabi. Ketiga, pola kontestasi antara Nahdlatul Wathan (NW) dan Salafi-Wahhabi. Penelitian ini menunjukkan: Pertama, madrasah Nahdalul Wathan dan Salafi di Lombok secara genealogis didirikan oleh Alumni Timur Tengah (haramain). Kedua, desain kurikulum baik di madrasah NW maupun Salafi digunakan untuk memperkuat ideologi, identitas dan militansi kelompoknya sendiri. Ketiga, pola kontestasi pendidikan Islam Nahdlatul Wathan vis a vis Salafi-Wahabi tidak berlangsung secara formal di madrasah, tetapi menggunakan media masjid dan juga dakwah virtual.