PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER CURIOSITY DAN RESPONSIBILITY DI SD ALAM AL-IZZAH KRIAN SIDOARJO

Abstract

Abstrak Rendahnya rasa ingin tahu siswa masih ada yang diam dan tidak bertanya serta tanggung jawab siswa yang masih ada mengerjakan tugas tidak tepat waktu dan tidak aktif kerja kelompok, diharapkan dapat memunculkan karakter curiosity dan responsibility. Oleh karena itu penelitian menekankan pada pembentukan karakter Curiosity (ingin tahu) dan Responsibility (tanggung jawab) pada siswa melalui penerapan metode Outdoor Learning. Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh metode outdoor learning terhadap karakter curiosity dan responsibility di SD Alam Al-Izzah Krian Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumusan prosentase dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pembentukan karakter curiosity dan responsibility dikatakan baik diketahui dari prosentase 91,2%. 2) Ada pengaruh metode outdoor learning terhadap karakter curiosity hal ini berdasarkan perhitungan dari regresi linier sederhana dengan nilai signifikansi sebesar  0.044 < 0.05 dan nilai thitung sebesar 2.100 >  tabel 2.040 sehingga dapat disimpulkan bahwa metode outdoor learning berpengaruh terhadap karakter curiosity. Dan 3) Ada pengaruh metode outdoor learning terhadap karakter responsibility, hal ini berdasarkan perhitungan dari regresi linier sederhana dapat diperoleh nilai signifikansi sebesar  0.018 <  0.05 dan nilai thitung sebesar 2.499 > ttabel 2.040 sehingga dapat disimpulkan metode outdoor learning berpengaruh terhadap responsibility.