PENGGUNAAN ALAT PERAGA PUZZLE DENGAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI KEBOKICAK
Abstract
Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa pada materi bangun datar. Rendahnya motivasi siswa tersebut ditunjukkan dengan kurangnya perhatian siswa terhadap materi pelajaran sehingga masih banyak siswa yang sering salah dalam menentukan jenis bangun datar. Selain itu, fasilitas penunjang dan alat peraga di MI kebokicak masih sangat minim. Salah satu upaya agar tingkat motivasi belajar siswa menjadi lebih baik adalah dengan menggunakan alat peraga puzzle dengan metode demonstrasi yang diharapkan dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap motivasi belajar siswa dalam membangun materi data. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mengerjakan materi bangun datar menggunakan alat peraga puzzle dengan metode demonstrasi pada siswa kelas III semester II MI Kebokicak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis regresi berganda dan uji asumsi klasik dengan bantuan program SPSS 20 for windows menggunakan teknik random sampling. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui; a) adakah pengaruh alat peraga puzzle terhadap motivasi belajar siswa, b) adakah pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasi belajar siswa dan c) adakah pengaruh alat peraga puzzle dengan metode demonstrasi terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan menggunakan uji-t dan uji-f, dengan rincian sebagai berikut; a) terdapat pengaruh yang signifikan antara puzzle props terhadap motivasi belajar siswa, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji parsial output (t) diperoleh t hitung (2,381) menunjukkan t hitung > t tabel yaitu (2,028) sehingga t hitung hitung lebih besar dari t tabel dan nilai standar signifikan/probabilitas (a) (0,023 < 0,050), b) terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasi belajar siswa, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji parsial output (t) diperoleh t hitung (2,775) menunjukkan hitung > t tabel yaitu (2,028) dengan demikian t hitung lebih besar dari t tabel dan standar signifikansi/nilai probabilitas (a) (0,000 < 0,050), c) terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh puzzle props dan metode demonstrasi terhadap motivasi belajar siswa, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil tabel uji hipotesis secara simultan, perhitungan F tabel dilakukan dengan menggunakan rumus (F tabel = N-m-1 = db39-2-1 = db36 wi tk tingkat kepercayaan 5%), maka diperoleh F tabel = (3,26). Hasil analisis di atas diperoleh nilai F hitung = (12,126), menunjukkan F hitung > F tabel (16,665 > 3,26) dan standar signifikansi/nilai probabilitas (0,000 < 0,05).