STRATEGI MEMBANGUN KEMAMPUAN CRITICAL THINKING PADA GENERASI DIGITAL

Abstract

Abstrak Kemampuan Critical Thinking menjadi suatu kemampuan yang harus dimiliki dalam era generasi digital, lebih khusus dalam dunia pendidikan. Karena telah jelas bahwa tujuan terpenting pada system pendidikan modern saat ini adalah bagaiamana menciptakan generasi yang memiliki kapabilitas dalam hal critical thinking. Karena kemampuan ini merupakan pondasi kuat dalam membangun peradaban bangsa di tengah semakin meningkatnya digitalisasi yang tidak terhentikan. Maka untuk dapat membangun dan mengembangkan kemampuan tersebut di perlukan strategi-strategi yang dapat dimanifestasikan dalam proses pembelajaran guna menanamkan kemampuan berfikir kritis pada generasi digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literature dengan mengumpulkan dan menelaah data pustaka yang kemudian dihubungkan dengan penelitian untuk memperoleh jawaban dari permasalahan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat banyak strategi yang dapat digunakan untuk membangun keterampilan berfikir kritis pada anak terutama generasi alpha atau generasi digital yaitu (1) strategi Problem Based Learning (PBL), (2) Pembelajaran dengan bantuan teknologi, (3) Mobile Learning (M-Pembelajaran), (4) Metode IMPROVE. Keempat cara tersebut merupakan strategi yang efektif dalam membangun kemampuan critical thinking pada siswa dalam menyongsong era digital saat ini.