PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE WORKSPACE TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SELAMA PANDEMI

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keterampilan komunikasi siswa yang menjalani pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Google Workspace dan pembelajaran reguler. Google Workspace merupakan alat dalam bentuk aplikasi yang digunakan sebagai bantuan untuk mempermudah pembelajaran daring selama masa pandemi, aplikasi yang digunakan dalam diantaranya adalah Google Classroom, Google Document, Google Form dan Google Meet. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 (kelas eksperimen) dan XI IPA 4 (kelas kontrol) di SMA Laboratorium Malang, dimana kelas eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL berbatuan Google Workspace dan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan pembelajaran reguler. Keterampilan komunikasi diukur menggunakan lembar observasi yang telah disesuaikan dengan indikator keterampilan komunikasi oleh Greenstein. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil uji hipotesis dengan uji ANACOVA menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan komunikasi antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbatuan Google Workspace dibandingkan dengan model pembelajaran reguler.