Peranan Media Animasi Interaktif Untuk Mengenalkan Nilai-Nilai Keagamaan Di Sekolah Dasar

Abstract

Abstrak Era teknologi menghadirkan sejumlah problematika khususnya bagi para pendidik dan peserta didik. Generasi muda yaitu peserta didik banyak yang menyukai sosial media untuk berselancar ditengah-tengah kegiatannya, dengan adanya disrupsi teknologi berbagai budaya asing dapat dengan mudah masuk ke dalam pencarian mereka. Budaya Barat jika tidak disaring dengan baik, akan berakibat fatal pada rasa nasionalisme pada diri generasi muda dan bahkan terkikisnya nilai-nilai keagamaan peserta didik. Artikel ini bertujuan guna mendeskripsikan tentang penerapan media pembelajaran berbasis animasi interaktif untuk mengenalkan nilai-nilai agama pada para peserta didik khususnya pada jenjang sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik mengumpulkan data berdasarkan studi literatur pustaka yang relevan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media animasi interaktif efektif dalam pembelajaran. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan media animasi interaktif, diantaranya: melalui media animasi interaktif, penyampaian materi yang lebih jelas dan tidak bersifat verbal saja;animasi interaktif juga dapat mengatasi terbatasnya daya indra, dan waktu. Contohnya seperti animasi Nussa Rara dan Riko The Series bisa digunakan untuk menanamkan nilai – nilai agama dan moral baik pada anak sekolah dasar, diantaranya berbakti kepada kedua orang tua, belajar sholat, adab makan, berdzikir, dan tauhid. Implementasi nilai karakter tersebut dapat diajarkan oleh pendidik kepada peserta didik di dalam pembelajaran dapat melalui pembiasaan. Kemudian pendidik dan orang tua dapat memberikan keteladanan nilai karakter melalui aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.